3 Cara Membuat Ragi Tempe

Tags


Cara Membuat Ragi Tempe

Cara-Membuat-Ragi-TempeKacang kedelai tidak akan menjadi tempe tanpa bantuan ragi/Jamur.Nah,mendengar kabar dari orang indonesia yang berada di luar negeri yang tidak dapat mencicipi tempe saya jadi tertarik untuk membahas cara membuat ragi tempe.Untuk pembuatan tempenya sendiri akan saya tulis secepatnya.!


A.Membuat Ragi Dari Daun Bekas Pembungkus Tempe
Daun pmebungkus tempe antara lain(daun pisang, daun waru, daun jati, dll) yang dipermukaannya masih terdapat jamur tempe yang melekat, dikeringkan (sehingga bisa disimpan), kemudian untuk menggunakannya cukup permukaan daun yang ditempeli jamur dibalurkan ke biji kedelai yang telah siap untuk difermentasi.

B.Membuat Ragi Dari Daun Waru / Jati
Pilih daun permukaan daun bagian bawahnya ditumbuhi jamur berbentuk benang-benang berwarna putih; letakkan 1 lembar daun dengan permukaan bagian bawah menghadap ke atas, kemudian di atas permukaannya disebar selapis biji kedelai yang telah direbus hingga lunak (dalam kondisi dingin); setelah itu tutup dengan daun lain dengan posisi permukaan bawah menutupi biji kedelai. Pasangan daun tersebut dibungkus plastik yang telah dilubangi dengan lidi; biarkan terfermentasi selama 12-24 jam. Setelah itu dikeringkan dan dapat gunakan untuk pembuatan tempe 

C.Ragi Dari Tempe Segar

1. Ambil sepotong tempe segar yang tidak memiliki bintik-bintik hitam, lebih baik lagi jika tempe yang di bungkus dengan daun pisang, iris tipis-tipis lalu jemur

2. Setelah kering, Haluskan hingga menjadi tepung. Agar tepung tempe kelembutannya merata sebaiknya di ayak dengan saringan halus. 

3. Ambil beras di aru,lalu dimasak hingga menjadi nasi, setelah dingin, Ambil nasi sebanyak 1 sendok makan ( 150 gram ) dan campur dengan 1 sendok makan tepung tempe segar tadi.

4. Setelah tercampur rata, letakkan campuran tersebut dalam besek bambu yang telah di alasi dengan daun pisang segar

5. Permukaan besek tadi yang masih terbuka tutupi dengan daun pisang segar , lalu ambil tutup besek, ikat dengan tali rafia dan simpan dalam suhu kamar .

6. Esok harinya buka besek,dan lihat sudah di tumbuhi kapang halus.

7. Jemur nasi dalam besek sampai kering,setelah kering haluskan hingga menjadi tepung

8. Tepung terigu di sangrai hingga dirasa cukup kering,lalu ayak/saring dan pisahkan yang halus dan yang kasar.

9. Campaurkan tepung terigu yang telah di sangrai 19 bagian dengan tepung nasi yang telah ditumbuhi bibit kapang 1 bagian, lalu diaduk sampai rata.

10. Hasil campuran berupa tepung sudah bisa di pakai untuk ragi atau bisa di simpan, boleh di cetak atau di bentuk bulatan kecil tentu setelah di basahi dahulu dengan air. Setelah kering masukkan ragi tempe dalam plastic atau simpan dalam toples


Nah, demikian informasi Cara Membuat Ragi Tempe.