Cara Membuat Gelang Dari Tali

Tags

Cara-membuat-gelang-dari-tali
Gelang bisa terbuat dari bahan apa saja,mulai dari emas,plastik atau campuran besi.Yang lagi ngetren nih yang simple-simple contohnya gelang dari tali.Coba lo lihat anak-anak muda sekarang rata-rata pada make gelang dari tali.Trus gimana cara buatnya ?

Alat dan bahan  :
• Gunting
• Tali Prushut (Alternatif pakai tali pramuka)
• Korek api

Cara membuat:
  1. Potong tali dengan panjang total 2 Meter ( 1 Meter tali warna putih , 1 meter tali warna orange) setelah di potong bakar sedikit ujung tali
  2. Lalu ambil satu tali lagi yang akan digunakan sebagai tali utama ,lalu ukur di tangan yang akan memakainya. Hasil ukuran tersebut dikali 3 ,contoh: hasil pengukuran adalah 18 cm jadi anda harus memotong hingga 54 cm
  3. Setelah di potong bakar kembali kedua ujungnya lalu tempelkan hingga menjadi satu kesatuan
  4. Setelah di satukan tarulah tali tersebut seperti pada gambar di bawah ini. Dan jarak penempatannya kira-kira 1/3 panjang tali utama dari ujung.lalu taruhlah salah satu sisi tali, di atas tali yang lainnya seperti pada gambar di bawah ini.
  5. kemudian tarik tali lewat bawah dan masukkan kelubang yang telah di buat, seperti pada gambar di bawah. Kemudian karaskan
  6. Setelah di keraskan ,ambil tali yang bewarna putih lalu buat lekukan ke samping, kemudian sisipkan di bawah tali orange 
  7. Lalu masukkan tali merah ke lubang yang di buat oleh tali putih yang tadi seperti pada langkah ke 6 lalu keraskan
  8. Lakukan langkah tadi (langkah 7 dan 8)secara terus menerus hingga mencapai 1/3 dari panjang tali utama.
  9. Setelah panjang ikatan telah mencapai 1/3 dari tali utama potong sisa tali ikatan tadi.
  10. Hasil potongan tadi kita sambung kembali dengan cara di bakar ujungnya dan di tempelkan sehingga menjadi satu tali lagi.
  11. Sejajarkan kedua ujung-ujung tali utama Kemudian ikat kedua tali tersebut (lakukan langkah 4-6) seperti gambar di bawah ini. Jangan terlalu di perketat karena di bagian inilah kunci dari gelang ini.
  12. lakukan langkah 7 dan 8 secara berulang dan sesuai dengan ukuran tangan jangan mengikat terlalu keras karena itu bisa membuat gelang sukar untuk di buka.
  13. Setelah cukup potong sisa tali dasar yang keluar dari ikatan. Dan sisanya bakar sedikit lalu di tempelkan agar tidak mudah lepas.
  14. kemudian pada ujung tali utama ikat dan potong sedikit agar kelihatan lebih rapi.
  15. Selesai gelang buatan andah sendiri telah selesai.
Kamu juga bisa mengreasikan warna tali kesukaan kamu lho,jadi biar beda lah sama orang-orang lain
Sumber : Membuat Gelang Unik dengan pengubahan