Cara Membuat Resume yang Benar

Tags


membuat-resume-yang-agar-diterima-kerja


Apa itu resume ?
Resume merupakan riwayat singkat yang memuat ketrampilan dan pengalaman anda.Resume digunakan jika anda sedang melamar ke sebuah posisi pekerjaan.Sangat penting membuat resume yang baik dan benar karena tentu saja resume tersebut menambah nilai anda dibanding pesaing anda.


Hal yang harus diperhatikan
  1. Resume harus sesuai,artinya jangan berbohong ketika menulis sebuah resume.
  2. Resume harus mudah dibaca serta sesuai dengan ejaan dan tanda baca.
  3. Buat resume yang jelas,singkat dan padat
  4. Gunakan kertas putih polos (HVS) baik itu diketik maupun tulis tangan.
  5. Relevan dan proporsional
  6. Buatlah resume anda secara rinci jangan buat pembaca berimajinasi
  7. Buatlah resume yang bernilai jual
Apa yang harus anda isikan ? 
  1. Data pribadi
    Tentunya anda harus mengawali sebuah resume dengan data pribadi anda seperti nama,alamat,tanggal lahir,status,kontak dan hal lainnya
  2. Riwayat pendidikan
    Pada bagian ini tulisriwayat pendidikan anda seperti nama sekolaj,tahun angkatan,jurusan dan lain sebagainya
  3. Keahlian
    Seperti syarat nomor 7 buatlah resume anda bernilai jual.Artinya jelaskan bagaimana keahlian anda dapat digunakan agar perusahaan mendapatkan untung.Ingat juga syarat no1.
  4. Pengalaman
    Jika anda telah bekerja sebelum melamar pekerjaan ini,silahkan tuliskan dari yang paling akhir.Tulisan pekerjaan,jabatan,tahun masuk,tahun keluar dan sedikit tentang pekerjaan anda. 
Resume di atas masih standar,bahkan setiap orang pasti menggunakan format di atas pada resume mereka ketika melamar pekerjaan.Lalu bagimana membuat resume yang bernilai tambah ?
  1. Prestasi Akademik / Non Akademik
    Berbeda dengan riwayat pendidikan,disana kita tidak menulis prestasi kita.Nah pada bagian inilah anda membuat prestasi anda seperti juara kelas,juara perlombaan dan lainnya.
  2. Organisasi
    Jika anda sebelumnya bergabung pada sebuah organisasi baik itu pada masa anda sekolah silahkan tuliskan.Tuliskan jabatan,tahun masuk,tahun keluar dan lainnya yang berguna bagi pembaca
  3. Indikator kesuksesan
    Pada bagian ini isi dengan prestasi anda dalam sebuah pekerjaan,misalnya anda mendapat pengharggaan karena karyawan terbaik pada perusahaan sebelumnya,atau anda mendapat pendidikan keluar negeri karena keuletan anda.
Selanjutnya apa ?
  • Periksa kembali resume anda,apakah sudah benar atau ada hal penting yang belum anda lampirkan
  • Jangan lupa melampirkan dokumen seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Sertifikat atau Penghargaan, serta foto anda.Namun kita harus jeli dokumen mana yang akan kita lampirkan.Jika anda mendapat penghargaan atas Lomba desain tingkat kabupaten dan tingkat nasional cantumkan yang tingkat nasional.
  • Biarkan orang lain melihat resume anda.Namun akan lebih baik memperlihatkan resume pada orang yang sesuai dengan pekerjaan yang akan anda lamar.
  • Jika anda sudah yakin silahkan kirimkan resume anda.Namun jika kurang yakin,jangan malas untuk merevisinya.